Aktivitas Ramah Lingkungan Sederhana yang Bisa Dilakukan Bersama Keluarga

Pengertian dan Contoh Penerapan yang Ramah Lingkungan

Sudah waktunya bagi para ibu untuk menyadari pentingnya menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak, hewan, dan tumbuhan. Dunia menjadi sangat penting karena lapisan ozon menipis. Berikut adalah beberapa tindakan dasar ramah lingkungan yang dapat Anda dan keluarga lakukan untuk membantu menyelamatkan planet ini.

Aktivitas yang Ramah Lingkungan

1. Hemat Listrik

Sikap tanggung jawab ekologis pertama yang dapat Anda terapkan adalah melatih diri sendiri dan keluarga untuk menghemat listrik di rumah. Matikan semua lampu yang tidak digunakan sepanjang hari. Gunakan kipas sebagai pengganti AC dan matikan televisi saat tidak digunakan. Ganti juga lampu pijar dengan lampu LED yang lebih awet dan hemat energi dibandingkan lampu pijar.

2. Kurangi Penggunaan Plastik

Tindakan yang bermanfaat secara ekologis berikut ini adalah meminimalkan penggunaan plastik. Pemerintah juga mengambil langkah pelarangan penggunaan kantong plastik di sejumlah mal ritel. Selain itu, setiap orang harus diberi tahu bahwa mungkin diperlukan waktu hingga 100 tahun agar sampah plastik dapat hancur sepenuhnya.

Alhasil, saat berbelanja, sebaiknya Anda menggunakan kantong kain atau kertas sebagai pengganti kantong plastik. Pengurangan penggunaan kemasan botol untuk minuman dengan penggantian menggunakan tumbler (botol minum) juga dapat membantu.

3. Gunakan Kendaraan Umum

Jika Anda ingin membantu menyelamatkan planet ini, Anda dapat membatasi penggunaan mobil pribadi dengan menggunakan angkutan umum. Penggunaan angkutan umum juga dapat menurunkan jumlah mobil pribadi, yang meningkatkan emisi karbon dioksida. Untuk menghemat bensin, pilih alternatif perjalanan yang hemat bahan bakar, kurangi perjalanan, dan coba ambil rute yang lebih langsung. Kalau dekat, Anda bisa mencoba naik sepeda atau jalan kaki.

4. Menanam Pohon

Hutan berfungsi sebagai kanopi dunia. Hal ini disebabkan pohon dapat menghasilkan buah, memurnikan udara, menawarkan habitat bagi satwa liar, dan mengurangi erosi tanah. Jika para ibu dan keluarga ingin mengembangkan mentalitas anak yang bertanggung jawab secara ekologis, mereka dapat menanam pohon atau berkebun di sekitar rumah.

Tanam benih dan rawat tanaman hingga mereka tumbuh. Para ibu juga dapat mengajari anak mereka latihan ini, yang bisa menjadi kebiasaan yang sangat positif. Strategi ini akan membuat anak-anak menghargai kebutuhan tidak hanya menanam pohon, tetapi juga menjaga lingkungan.

5. Kurangi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Cat, minyak, amonia, dan larutan kimia lainnya bersifat racun dan, jika dibuang di tempat umum, dapat mencemari udara dan air. Anda juga harus menyadari bahwa bahan kimia ini dapat larut ke dalam air tanah.

Udara dan air yang tercemar dapat menimbulkan dampak kesehatan yang serius. Akibatnya, zat ini harus lebih jarang digunakan dan dibuang ke limbah berbahaya untuk pembuangan yang aman. Ajak keluarga melakukan aktivitas ramah lingkungan untuk mendukung bumi.